Friday, 11 November 2011 08:46

Pasukan Pengamanan Bali Amankan KTT ke-19

Large_asean

DENPASAR: Jajaran Kepolisian Daerah Provinsi Bali menggela apel akbar pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Ke-19 Association South East Asia Nation di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Kota Denpasar.

Gelar pasukan ini, difungsikan untuk memberikan pernyataan siap untuk pengamanan yang melibatkan tamun negara. Mabes Polri mencatat sebanyak 2.300 polisi dikerahkan untuk menjaga Konferensi Tingkat Tinggi Asean di Bali pada 17-19 November 2011. Terinci, 1.800 personil dari jajaran Kepolisian Daerah Bali dan 500 personil dari Mabes Polri.

Kepala kepolisan daerah Bali, Inspektur Jenderal Totoy Herawan mengadakan pengecekan pada setiap kesiapan personil pasukan. Gelar pasukan ini juga sebagai tanda dimulainya Operasi Puri Agung X dalam rangkaian pengamanan KTT Asean.

Pada pengamanan ini ditambah dengan pasukan pengamanan presiden karena melibatkan tamu VVIP. Polri, akan mengamankan di ring dua dan tiga. Juga akan mengamankan lokasi akomodasi dan tempat pelaksanaan KTT ASEAN. “Ring satu akan diamankan TNI,” kata Panglima Daerah Militer IX Udayana, Mayor Jenderal TNI, Leonard.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan ada jaminan keamanan bagi para kepala negara dan pemerintahan dan anggota delegasi yang akan hadir dalam serangkaian agenda KTT ke-19. Seluruh pihak pengamanan diminta melakukan pengamanan yang baik.

Presiden memerintahkan polisi dan TNI untuk melakukan segala upaya guna menjamin keamanan lokasi KTT. Ia juga meninjau lokasi KTT selama kunjungan kerja di Bali. Masalah keamanan adalah hal yang utama dan menjadi perhatian utama para penyelenggara forum yang melibatkan banyak negara. Apalagi ini melibatkan tamu VVIP.

Saat meninjau Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Center (BICC), Presiden juga menyinggung masalah keamanan. “Tempat ini harus sangat steril," kata Presiden saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan KTT Asean di Nusa Dua, Bali, Rabu (9/11).

Sumber :

http://www.bisnis.com/articles/bali-amankan-ktt-dengan-operasi-puri-agung-x

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy
 

About Us

PT. Satria Raksa Buminusa, a privately owned national company was established on 24 April 2004. Holds licences from KAPOLRI to conduct the following services:

  • Education Services
  • Security Devices & Modern Technology Application
  • Security Consultancy Services
  • Manned Guarding Services

QuickContact

Nama
Please type your full name.
Telp/HP
Invalid Input
E-mail
Invalid email address.
Alamat
Invalid Input
Pesan
Invalid Input